ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR pertanyaan dan jawaban tentang ISBD
A. PENGANTAR ISBD
1.
Salah
satu tujuan mempelajari mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar adalah mahasiswa
dapat menggunakan sudut pandang alternatif atas pemecahan masalah sosial dan
budaya. Jelaskan dari pertanyaan tersebut!
Jawab:
karena dengan adanya pembelajaran
Ilmu Sosial Budaya Dasar Ini kita dapat membuka wawasan lebih jauh tentang
mengatasi masalah sosial dan budaya tersebut, sehingga pemikiran kita dapat
meihat masalah tersebut dari sudut alternatif bahkan bisa saja kita
mengatasinya secara lebih mudah.
2.
Apa
tujuan anda mempelajari mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar sebagai Mahasiswa
Informatika ?
Jawab:
karena pengertian ilmu
budaya dasar pada dasarnya adalah pengetahuan yang dapat memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk
mengetahui masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
B. MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA
1.
Jelaskan
keadaan kebudayaan di Indonesia saat ini, dilihat dari aspek : Bahasa,
Teknologi, Organisasi Sosial, Religi dan Kesenian! (Jelaskan dari masing-masing
aspek tsb).
Jawab:
Kondisi sosial
budaya Indonesia saat ini adalah sebagai berikut :Bahasa, sampai saat Indonesia
masih konsisten dalam bahasa yaitu bahasa Indonesia. Sedangkan bahasa-bahasa
daerah merupakan kekayaan plural yang dimiliki bangsa Indonesia sejak jaman
nenek moyang kita. Bahasa asing (Inggris) belum terlihat popular dalam
penggunaan sehari-hari, paling pada saat seminar, atau kegiatan ceramah formal
diselingi denga bahasa Inggris sekedar untuk menyampaikan kepada audien kalau
penceramah mengerti akan bahasa Inggris.
a) Sistem
teknologi, perkembangan yang sangat menyolok adalah teknologi informatika.
Dengan perkembangan teknologi ini tidak ada lagi batas waktu dan negara pada
saat ini, apapun kejadiannya di satu negara dapat langsung dilihat di negara
lain melalui televisi, internet atau sarana lain dalam bidang informatika.
b) Sistem
mata pencarian hidup/ekonomi. Kondisi pereko-nomian Indonesia saat ini masih
dalam situasi krisis, yang diakibatkan oleh tidak kuatnya fundamental ekonomi
pada era orde baru. Kemajuan perekonomian pada waktu itu hanya merupakan
fatamorgana, karena adanya utang jangka pendek dari investor asing yang
menopang perekonomian Indonesia.
c) Organisasi
Sosial. Bermunculannya organisasi sosial yang berkedok pada agama (FPI, JI,
MMI, Organisasi Aliran Islam/Mahdi), Etnis (FBR, Laskar Melayu) dan Ras.
d) Sistem
Pengetahuan. Dengan adanya LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) diharapkan
perkembangan pengetahuan Indonesia akan terus berkembang sejalan dengan era
globalisasi.
e) Religi.
Munculnya aliran-aliran lain dari satu agama yang menurut pandangan umum
bertentangan dengan agama aslinya. Misalnya : aliran Ahmadiyah, aliran yang
berkembang di Sulawesi Tengah (Mahdi), NTB dan lain-lain.
f) Kesenian.
Dominasi kesenian saat ini adalah seni suara dan seni akting (film, sinetron).
Seni tari yang dulu hampir setiap hari dapat kita saksikan sekarang sudah mulai
pudar, apalagi seni yang berbau kedaerahan. Kejayaan kembali wayang kulit pada
tahun 1995 – 1996 yang dapat kita nikmati setiap malam minggu, sekarang sudah
tidak ada lagi. Seni lawak model Srimulat sudah tergeser dengan model
Extravagansa. Untuk kesenian nampaknya paling dinamis perkembangannya.
g) Sedang
menghadapi suatu pergeseran-pergeseran atau \”Shirf\” budaya. Hal ini mungkin
dapat difahami mengingat derasnya arus globalisasi yang membawa berbagai budaya
baru serta ketidak mampuan kita dalam membendung serangan itu dan
mempertahankan budaya dasar kita
2.
Apakah
manusia sebagai pengguna dan
penghasil dari kebudayaan? Jelaskan dan
berikan contohnya!
Jawab:
Budaya merupakan hasil dari interaksi
antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini. Manusia di ciptakan oleh tuhan dengan di
bekali oleh akal pikirannya sehingga ia mampu untuk berkarya di muka bumi ini
dan secara hakikatnya menjadi khalifah di muka bumi ini. Selain itu manusia
juga memiliki akal, intelegensiai, perasaan, emosi, keinginan, dan perilaku.
Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka manusia mampu
menciptakan suatu kebudayaan. Ada hubungan antara manusia dan kebudayaan.
Kebudayaan adalah produk manusia, namun manusia itu sendiri adalah produk
kebudayaan. Dengan kata lain, kebudayaan
ada karena manusialah yang menciptakannya dan
manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang telah diciptakannya.
Kebudayaan akan terus berjalan manakala ada manusia sebagai pendudukungnya.
3.
Jelaskan hakikat manusia sebagai mahkluk berbudaya ?.
Jawab :
Kebutuhan manusia pertama–tama
diawali dari kebutuhan psiklogis atau paling mendesak kemudian secara bertahap
beralih ke kebutuhan tingkat di atasnya sampai tingkatan tertinggi, yaitu
kebutuhan aktualisasi diri. Beliau menjelaskan bahwa kita tidak dapat memenuhi
kebutuhan kita yang lebih tinggi kalau kebutuhan yang lebih rendah belum terpenuhi.
Itu berarti kebuthan nomor lima akan diupayakan pemenuhannya kalau kita sudah
memenuhi kebutuhan–kebutuhan sebelumnya. Jadi, kebutuhan manusia bertingkat dan
membentuk hirarki.
Dengan akal budi manusia mampu
menciptakan kebudayaan. Kebudayaan pada dasarnya adalah hasil akal budi manusia
dalam interaksinya, baik dengan alam maupun manusia lainnya. Manusia merupakan
makhluk yang berbudaya. Manusia adalah pencipta kebudayaan.
4.
Apakah korupsi bisa di sebut budaya di indonesia ?
Berikan alasan anda. Dan problematika budaya apa yang muncul setelah adanya
korupsi ?
Jawab :
Mental Korupsi Telah membudaya
Korupsi di Indonesia
seakan-akan menjadi kebutuhan seperti makanan pokok yang di konsumsi oleh semua
lapisan penyelenggara Negara dan lapisan masyarakat kecil, korupsi seakan –
akan sudah menjadi kebudayaan yang legal dan tidak dilarang baik dari pandangan
agama maupun hukum.
Problematika
budaya yang muncul setelah adanya korupsi
a)
Dampak Ekonomi terjadinya,
inefisiensi hingga menyebabkan biaya tinggi ekonomi,
b)
Dampak sosiall, korupsi
berdampak pada merosotnya investasi pada human capital dan bahkan korupsi
menghancurkannya
c)
Dampak Politik, Terjadinya
distorsi kepentingan pada lembaga politik tempat proses legislasi berlangsung.
Karena para wakil rakyat yang dipilih melalui proses pemilu yang tidak
sepenuhnya jujur, adil dan sikap koruptif menjadi bagian tak terpisahkan di
dalamnya
d)
Dampak Hukum, Dalam
konteks hukum, dampak yang paling nyata adalah makin meluasnya ketidakpercayaan
rakyat pada lembaga penegak hukum
5.
Pewarisan kebudayaan secara inkulturasi, enkulturasi dan
sosialisasi beserta contoh!
jawab
a)
Pengertian
Sosialisasi
Sosisalisasi adalah proses
pemasyarakatan, yaitu seluruh proses apabila seorang individu dari masa
kanak-kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan menyesuaikan
diri dengan individu-individu lain dalam masyarakat. dan menyesuaikan diri
dengan unsur-unsur kebudayaan (adat – istiadat, perilaku, bahasa) yang dimulai
dari lingkungan keluarganya, yang kemudian makin meluas.
Contoh : Kerja bakti
membersihkan selokan dan jalanan dua kali seminggu yang dilaksanakan di setiap
desa
b)
Pengertian
Enkulturasi
Enkulturasi atau pembudayaan
adalah proses mempelajari dan menysuaikan
alam pikiran dan sikap individu dengan sistem norma, adat, dan
peraturan-peraturan yang hidup dalam kebudayaannya.
Contoh: kejadian yang dilakukan
oleh seorang anak dalam menyesuaikan diri dengan waktu makan di setipa paginya.
Dengan adanya proses tindakan sebelumnya berupa pengajaran, yang menjelaskan
bahwa banyak manfaat sarapan yang harus di dapatkan oleh seseorang
c)
Pengertian
Inkulturasi
Inkulturasi ialah
pengintegrasian pengalaman suatu kelompok lokal kedalam kebudayaan stempat
sedemikian rupa sehingga pengalaman tersebut tidak hanya mengungkapakan diri
didalam unsur-unsur kebudayaan bersangkutan, melainkan juga menjadi kekuatan
yang menjiwai, mengarahkan, dan memperbaharui kebudayaan bersangkutan.
Contoh: suatu interaksi yang
sedemikian hingga budaya lama maupun budaya baru mengalami suatu transformasi.
6.
Contoh dari perubahan kebudayaan yang terjadi di
indonesia yang bersifat regress dan progress!
Jawab:
a)
Regress
Regress adalah sebuah kata
berbahasa inggris juga. Artinya merosot, kemunduran, kemerosotan. Terkait
dengan kehidupan budaya di sebuah wilayah, regress adalah istilah yang
menyimbolkan adanya kemerosotan dalam wilayah tersebut. Entah itu kemerosotan
pembangunan kota, manusia, dan peradaban.
Contohnya adalah pembangunan
perumahan. Karena dilakukan perencanaan yang baik, pembangunan tersebut memicu
terjadi banjir tahunan dan pencemaran dari limbah rumah tangga. Hal itu berarti
pembangunan kota mengalami regress
b)
Progress
Adalah salah satu kata
berbahasa inggris. Artinya berarti maju,kemanjuan,perkembangan. Terkait dengan
kehidupan sosial sebuah wilayah, progress adalah istilah yang menyimbolkan
adanya kemanjuan atau perkembangan pesat di sebuah wilayah. Entah itu pembangunan
kota,manusia, dan peradaban.Kota dikatakan maju ketika penataan kota semakin
membaik dari tahun ke tahun.
Contohnya dari zaman jalanan
berbatu dan berkerikil menjelma menjadi zaman dengan jalanan beraspal yang
bebas dari lubang-lubang mematikan.
7.
Jelaskan dan berikan contoh dari Akulturasi &
Asimilasi !
Jawab :
a)
Akulturasi adalah
suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan
kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing.
Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya
sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.
Contoh akulturasi : Saat budaya
rap dari negara asing digabungkan dengan bahasa Jawa, sehingga menge-rap dengan
menggunakan bahasa Jawa. Ini terjadi di acara Simfoni Semesta Raya.
b)
Asimilasi
adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas
kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Suatu asimilasi ditandai
oleh usaha-usaha mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok.
Contoh Asimilasi : orang orang
etnis Tionghoa yang tinggal di Indonesia. Warga etnis Tionghoa yang sudah lama
tinggal di Indonesia, akhirnya warga etnis Tionghoa ini bisa berbicara dengan
Bahasa Indonesia dengan sangat fasih. Di desa-desa di Kalimantan, banyak warga
etnis Tionghoa yang masih berbicara dengan dialek asli Cina, namun dialek yang
mereka biasa pakai untuk berkomunikasi sudah tidak asli karena sudah tercampur
dengan Bahasa Indonesia.
C.
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
1.
Pertumbuhan dan perkembangan individu dapat di pengaruhi
dari dalam Individu (Genotip/Nativistik), dari Lingkungan (Fenotip/Empiristik)
dan dari keduanya (Konvergensi). Berikan contoh perkembangan diri anda melalui
3 perkembangan individu tersebut !
Jawab :
a)
Individu
(Genotip/Nativistik)
Ø Jika orang tuanya berambut hitam, maka anaknya akan
berambut hitam
Ø Jika orang tuanya pintar, maka anaknya kemungkinan akan
pintar.
Ø Seorang penyanyi kemungkinan akan mempunyai anak yang
bakat menyanyi juga.
b)
Lingkungan
(Fenotip/Empiristik)
misalnya saya melakukan sesuatu
dengan tujuan tertentu dan ternyata apa yang saya lakukan tadi mengalami
kegagalan atau tidak berhasil. Hal ini akan menjadi pelajaran bagi saya, agar
saat akan mencoba melakukan hal itu kembali, saya tidak akan gagal karena
sebelumnya saya sudah mengalami nya dan tidak akan jatuh dalam kesalahan yang
sama.
c)
Konvergensi
Anak dalam tahun pertama
belajar mengoceh, baru kemudian bercakap - cakap, dorongan dan bakat itu telah
ada, dia meniru suara - suara dari ibunya dan orang di sekelilingnya. Ia mendengar
dan meniru kata - kata yang di ucapkan kepadanya. Bakat dan dorongan itu tidak
akan berkembang jika tidak ada bantuan dari luar yang merangsangnya. Dengan
demikian jika tidak ada bantuan suara - suara dari luar atau kata - kata yang
di dengarnya tidak mungkin anak tersebut bisa bercakap - cakap.
2.
Berikan kasus interaksi sosial yang mengakibatkan
konflik. Sebutkan pelakunya, waktu dan tempat, tujan berinteraksi!
Jawab :
konflik sosial lampung selatan.
Penyebab konflik adalah saat dua gadis yang berasal dari desa agom di ganggu
oleh sekelompok pemuda dari desa balinuraga hingga terluka dan membuat amarah
warga desa agom
Pelaku : sekelompok pemuuda
Tempat : lampung selatan desa
agom dan balinuraga
Waktu : siang hari
3.
kapan manusia disebut sebagai makhluk individu? Dan kapan
manusia disebut sebagai makhluk sosial?
Jawab :
dikatakan sebagai makhluk
individu jika unsur-unsur pembentukan suatu manusia individu itu bersatu tidak
peduli kepada oranglain mementingkan diri sendiri . sedangkan dikatakan sebagai
makhluk sosial pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial karena manusia tidak
bisa hidup sendirri tanpa bantuan oranglain.
4.
Menurut Gillin Dan Gillin ada dua proses akibat dari
adanya interaksi sosial yaitu asosiatif dan disosiatif. Jelaskan dan berikan makna
berikut
Jawab :
Menurut Gillin dan Gillin,
proses sosial yang timbul dari akibat interaksi sosial ada dua macam yaitu
proses sosial asosiatif (process of association) dan proses sosial disosiatif
(process of dissociation).
a)
Proses Sosial
Asosiatif
Proses sosial asosiatif adalah
proses interaksi yang cenderung menjalin kesatuan dan meningkatkan solidaritas
anggota kelompok.
b)
Proses Sosial
Disasosiatif
c)
Proses disasosiatif
adalah cara yang bertentangan dengan seseorang atau kelompok untuk mencapai
suatu tujuan
Jadi makna dari kedua proses tersebut adalah asosiatif seperti semangat
untuk menjalin persatuan dalam suatu kelompok,beda halnya dengan disasosiatif
yaitu mencapai tujuan mereka dengan hal bertentangan
5.
Beberapa faktor yang mendasari interaksi sosial antara
lain Imitasi, interaksi sosial, sugesti, simpati dan jelaskandan berikan
contohnya masing-masing
Jawab :
a)
Imitasi yaitu
proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain, baik sikap
penampilan, gaya hidupnya, bahkan apa-apa yang dimilikinya. Imitasi pertama
kali muncul di lungkungan keluarga, kemudian lingkungan tetangga dan lingkungan
masyarakat. Contohnya : seoarang anak yang meniru bapaknya yang sedang merokok.
b)
Indentifikasi
adalah upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama (identik)
dengan individu lain yang ditirunya. Proses identifikasi tidak hanya terjadi
melalui serangkain proses peniruan pola perilaku saja, tetapi juga melalui
proses kejiwaaan yang sangat mendalam. Contohnya : seorang fans fanatik dari
lady gaga yang meniru segala sesuatu yang ada pada diri idola tersebut sehingga
dapat dikatakan hampir mirip dengan lady gaga.
c)
Sugesti adalah
rangsangan, pengaruh, stimulus yang diberikan sesorang individu kepad individu
lain sehingga orang yang diberi sugesti menuruti atau melaksanakan tanpa
berpikir kritis dan rasional. Contohnya :: Iklan susu formula sebenarnya kita
meragukan kebenaran iklan tersbut. Tetapi, karena kita melihat dan mendengarnya
hampir setiap 1 jam sekali tanpa bisa bertanya dan tahu kebenaranya, kita pun
membelinya.
d)
Simpati adalah
proses kejiwaan , dimana seorang individu merasa tertarik kepada seseorang atau
kelompok orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya atau perbuatannya
yang sedemikian rupa. Contohnya : tetangga kita yang sedang mengalami musibah
secara tidak langsung kita ikut merasaka kesedihan yang mereka rasakan dan ikut
membantunya.
e)
Empati yaitu mirip
dengan simpati, akan tetapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja. Empati
dibarengi dengan perasaan organisme tubuh yang sangat intens/dalam. Contohnya :
seorang gadis yang tidak mendapatkan restu dari orang tuanya tentang hubungan
asmaranya dengan kekasihnya, sehingga gadis tersebut memikirkanya terus menerus
dan akhirnya jatuh sakit.
D.
MANUSIA DAN PERADABAN
1.
Melihat kasus Haringga Sirla yang tewas mengenaskan di
keroyok oleh sekelompok orang di Stadion GBLA. Jelaskan pandangan saudara tentang
peradaban manusia berdasarkan kasus tersebut
Jawab:
Mengenai
kasus haringga yang tewas di kroyok oleh sekelompok sporter sepak bola di
bandung , itu sudah sangat kelewatan atau sudah hilangnya tentang pradapan
manusia seperti , norma, moral dan kemanusiaan , sebab jika seseorang masih
memiliki moral dan norma-norma otomatis mereka tidak melakukan hal sebodoh /
seperti itu karna jika masih memiliki itu semua mereka akan selalu berfikir
panjang untuk melalukan tindakan itu
2.
Apakah setiap kebudayaan menghasilkan peradaban ?
sebutkan dan jelaskan
Jawab:
Jawabanya
ya jelas karna setiap kebudayaan otomatis menghasilkan pradaban karna suatu
budaya adalah suatu kerangka acuan prilaku bagi masyarakat berupa nilai-nilai
sedangkan pradaban merupakan nilai melalui
/ diwujudkannya norma-norma yang selanjutnya dijadikan tolak ukur bagi setiap
prilaku atau tindakan yang akan dilakukan oleh setiap masyarakat.
3.
Sebutkan 3 contoh adanya suatu peradaban yang terjadi di
berbagai negara
Jawab :
a)
Peradaban Yunani
b)
Peradaban Romawi
Kuno
c)
Peradaban Mesir
d)
Peradaban Sungai
Mekhong
e)
Peradaban Cina
f)
Peradaban Lembah
Sungai Gangga
g)
Peradaban Lembah
Sungai Indus
h)
Peradaban Lembah
Sungai Eufrat dan Trigis
4.
Sebutkan pengaruh Hindu Budha yang dibawa ke Indonesia
sehingga adanya suatu peradaban
Jawab:
Hindu
dan Budha adalah salah satu agama yg disebarkan melalui jalur perdagangan oleh
bangsa India dan Cina. Masuknya Hindu dan Budha di Indonesia disebabkan karena
jalur perairan Indonesia yg strategis yg digunakan untuk perdagangan internasional.
Adapun beberapa teori yg menjelaskan bagaimana terjadinya penyebaran kebudayaan
Hindu dan Budha di Indonesia seperti teori waisya, teori brahmana, teori
ksatria dan teori arus balik. Maka daerah – daerah yg menjadi tempat
bersinggahnya para kapal menjadi terpengaruh oleh ajaran dari para pedagang
tersebut. Persebaran agama Hindu dan Budha di Indonesia terjadi saat aktivitas
perdagangan internasional para pedagang India dan Cina dengan pedagang
Indonesia dilakukan. Adapun beberapa bidang yg dipengaruhi oleh masuknya Hindu
dan Budha di Indonesia yaitu pada bidang agama, seni bangunan, seni ukir,
bahasa dan sastra, dan juga sistem pemerintahan
5.
Apakah Indonesia sudah dapat disebut sebagai masyarakat
beradab ?berikan alasan Anda ! Dan sebutkan ciri-ciri masyarakat adab !
Jawab :
Bangsa
yang Beradab adalah Bangsa yang memiliki unggah-ungguh dalam berperilaku.
Ciri-ciri Bangsa yang Beradab, antara lain:
a)
Bangsa Beradab
yang tidak menyukai kekerasan
b)
Bangsa Beradab
yang mencintai perdamaian
c)
Bangsa Beradab
yang menyelesaikan masalah dengan cara-cara damai
Menurut saya, Indonesia saat ini belum bisa dikatakan bangsa yang beradab
sepenuhnya, karena masyarakatnya masih banyak yang menyukai kekerasan, tidak
cinta perdamaian, dan selalu menyelesaikan masalah dengan kekerasan.
Pembuktiannya adalah sebagai berikut:
Pertama
masyarakatnya masih menyukai kekerasan. Sering diberitakan di media cetak dan
media elektronik salah satu ormas Islam sering melakukan pengrusakan terhadap
sarana umum. Seharusnya ormas tersebut tidak harus melakukan pengrusakan karena
dengan melakukannya orang akan beranggapan bahwa agama Islam mengajarkan
kekerasan. Dan orang-orang yang beragama Islam akan dikucilkan di masyarakat
luas.
Kedua masyarakatnya
tidak cinta perdamaian. Akhir-akhir ini marak terjadi tawuran antar sekolah
atau antar mahasiswa. Padahal inti permasalahannya hanya sepele diantara
perorangan saja. Tapi bagi siswa atau mahasiswa putra, sekecil apapun masalah
yang dialami teman mereka bisa menjadi masalah besar. Hal inilah yang
mengakibatkan terjadinya tawuran karena perwujudan rasa solidaritas yang salah.
Banyak korban yang berjatuhan, bahkan orang yang tidak terlibat tawuran menjadi
korban yang terluka maupun meninggal.
Ketiga
masyarakatnya masih sering menyelesaikan masalah dengan kekerasan. Sering
terjadi di masyarakat kasus pemukulan terhadap pelaku penabrakan. Entah dia
akan melarikan diri atau bertanggung jawab kebanyakan masyarakat langsung main
hakim sendiri. Dan polisipun kadang hanya mendiamkan saja. Setelah pelaku babak
belur baru polisi melakukan tindakan dengan mengamankan pelaku tersebut.
Inilah beberapa bukti yang dapat saya paparkan untuk menjelaskan bahwa
bangsa Indonesia belum bisa dikatakan bangsa yang BERADAB sepenuhnya
6.
Sebutkan contoh warisan peninggalan peradaban kuno di
Indonesia, peradaban Islam di Indonesia, peradaban Barat pada masa kolonial di
Indonesia !
Jawab :
Contoh warisan peninggalan peradaban kuno di Indonesia :
a)
Tulisan
Peninggalan bersejarah di
Indonesia berupa tulisan terbagi menjadi dua, yaitu Prasasti dan naskah kuno
b)
Bangunan
Bangunan bersejarah di
Indonesia memiliki aset yang tak ternilai harganya. Peninggalan bersejarah di
Indonesia berupa bangunan memiliki 6 bentuk bangunan, diantaranya adalah Candi,
Masjid, keraton, benteng, monumen atau tugu, makam
c)
Benda-benda
Peninggalan bersejarah
Benda-benda Peninggalan
bersejarah yang berupa benda atau barang antara lain adalah fosil, artefak,
arca
d)
Karya Seni
Karya Seni adalah peninggalan
bersejarah yang berasal dari nenek moyang kita yang kemudian menjadi tradisi di
masyarakat. Pada zaman dahulu nenek moyang kita banyak memiliki karya seni yang
sampai sekarang masih ada
peradaban Islam di Indonesia :
Ø Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama hijriyah atau
abad ke tujuh sampai abad ke delapanmasehi. Ini mungkin didasarkan kepada
penemuan batu nisan seorang wanita muslimah yang bernama Fatimah binti Maimun
dileran dekat Surabaya bertahun 475 H atau 1082 M. Sedang menurut laporan
seorang musafir Maroko Ibnu Batutah yang mengunjungi Samudera Pasai dalam
perjalanannya ke negeri Cina pada tahun 1345 M. Agama islam yang bermahzab
Syafi’I telah mantap disana selama se abad, oleh karena itu berdasarkan bukti
ini abad ke XIII di anggap sebagai awal masuknya agama islam ke Indonesia.
Ø Peradaban Barat pada masa kolonial di Indonesia ! Kolonialisme
memberi kontribusi tersendiri terhadap peradaban di Indonesia. Era kolonialisme
sendiri di Indonesia dimulai pada sekitar abad ke-15 hingga abad ke-19. Sekitar
400 tahun sudah Indonesia dijajah bangsa lain. Hal ini tentunya sedikit banyak
berpengaruh terhadap peradaban yang berkembang di Indonesia.
Komentar
Posting Komentar